Image of Otonomi Daerah dan Daerah Otonom

Text

Otonomi Daerah dan Daerah Otonom



Otonomi Daerah adalah kewenangan daerah otonom untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat menurut praksara sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat sesuai dengan peraturan undang-undang, yakni undang-undang nomor 22 tahun 1999. Sementara itu yang dimaksudkan dengan daerah otonom merupakan kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas daerah tertentu yang berwenang mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut praksara sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat dalam ikatan negara kesatuan republik Indonesia.

Sejalan dengan diberlakukannya undang-undang tersebut dan diterapkannya prinsip-prinsip otonomi daerah, maka bersamaan dengan itu pula muncul kendala-kendala yang harus diatasi segera, seperti mengenai kesiapan daerah, proporsi perimbangan keuangan pusat daerah, penataan organisasi perangkat daerah, penataan dokumen atau arsip, tata cara pemilihan dan pertanggungjawaban kepala daerah dan masih banyak lagi permasalahan yang menyertai diterapkannya otonomi daerah.

Buku yang digunakan sebagai awal sosialisasi otonomi daerah ini, juga sangat bermanfaat bagi kalangan birokrat, baik pusat maupun daerah; atau bagi berbagai kalangan yang terlibat dalam birokrasi pemerintahan. Termasuk juga mahasiswa Fakultas Hukum, Fakultas ilmu sosial dan politik, serta para aparat pemerintah dari tingkat tinggi sampai yang terendah. Ditulis oleh penuilis yang menjadi tim Fasilitator pelaksanaan otonomi daerah sumatera selatan, maka buku ini berasal dari sumber yang tidak diragukan kredibilitasnya.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
352 HAW o
Penerbit Rajawali Pers : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xx, 450 hlm.; 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-421-874-x
Klasifikasi
352
Tipe Isi
other
Tipe Media
other
Tipe Pembawa
other (computer)
Edisi
Ed. I Cet. V
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this